PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS SALAFIYAH AL-MUSHLIHIN KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Sari Sri Handani
  • Didin Saprudin

Keywords:

Efektivitas, E-Learning, Hasil, Belajar

Abstract

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona. Surat edaran ini berisi antara lain mengenai proses belajar yang di laksanakan dari rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh.Tiap-tiap sekolah berupaya menyiapkan atau memfasilitasi peserta didik dengan guru supaya bisa berkomunikasi dan melakukan pembelajaran secara efektif. Salah satu media yang digunakan oleh sekolah MTs Salafiyah Al-Mushlihin yaitu dengan menggunakan E-learning karena merujuk saran yang di keluarkan oleh dinas terkait yaitu Kementrian Agama Kabupaten Bandung  yang mengharuskan sekolah menggunakan E-learning Madrasah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan yaitu angket dengan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Al-Mushlihin dengan jumlah 126 siswa dengan sample 63 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara penggunaan e-learning terhadap hasil belajar. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji parsial diperoleh t sebesar 2,299 dengan signifikan 0,025 sedangkan nilai t_tabel  untuk n = 63 sebesar 1,99 diperolehng t_hitung (2,299)> t_tabel (1,99) dan nilai signifikan (0,025) < ? (0,05), yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka pengguna e-learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Al-Mushlihin. Nilai koefisien determinasinya adalah 0,080 atau sama dengan 8% dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada korelasi atau hubungan antara variable dependen (hasil belajar) dengan variabel independent (pengguna e-learning) adalah rendah.

Downloads

Published

05-07-2021

Most read articles by the same author(s)