PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IX DI SEKOLAH MTS AN-NUR MARUYUNG 2022/2023
Keywords:
Game Online, Prestasi IPS, SiswaAbstract
Perkembangan era globalisasi tentu membawa dampak negatif dan positif dikalangan Masyarakat, tak terkecuali dikalangan pelajar. Salah satu dampak negative globalisasi bagi pelajar adalah terganggunya prestasi belajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penggunaan game online terhadap siswa, bagaimana prestasi siswa dan bagaimana pengaruhnya game online terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas IX di sekolah MTS An-Nur Maruyung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang pengumpulan datanya menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diproleh koefisien regresi R Square sebesar 0,124 yang menunjukan bahwa pengaruh variable tingkat game online terhadap prestasi belajar sebesar 12,4% dan sisanya 87,6 dipengaruhi oleh variabel lain, maka pengaruh variabel independen terhadap variable dependen relatif rendah. Berdasarkan analisis deskriptif variabel X dapat diketahui bahwa siswa/i yang sering bermain game online yang menjadi responden yaitu ada 3,03% sangat setuju, 75,76% setuju, ragu-ragu 21,21%. Untuk variabel Y berdasarkan analisis deskritif dapat diketahui bahwa dampak dari intensitas siswa/i bermain game online pada prestasi yaitu, 75,76% setuju, ragu-ragu 24,24%. Pada tabel uji t yang sudah diteliti menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,044 atau lebih kecil dari 0,05 artinya X berpengaruh terhadap Y. Maka dapat disimpulkan berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, dapat dikatakan bahwa Hipotesis (H?) diterima.
