PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP BAITURROSYAD LEMBUR AWI PACET
Keywords:
Metode, Belajar, Hasil, Teka, Teki, SilangAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan lapangan, dimana penulis melihat ketidakaktifan peserta didik dalam belajar, rasa lelah dan bosan yang menyebakan hasil belajar peserta didik selalu rendah dikarenakan penerapan metode pembelajaran yang terus menerus menggunakan metode ceramah. Peneliti menerapkan metode croosword puzzle (teka-teki silang) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan melatihan kepekaan peserta didik terhadap permasalahan yang ada di dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII dengan jumlah 40 orang. Hasil dari temuan peneliti dalam penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle (teka-teki silang) di SMP Baiturrosyad Lemburawi Pacet bahwa proses pembelajaran IPS yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah membuat peserta didik mudah lelah dan bosan, berbeda ketika diberikan metode crossword puzzle dimana metode tersebut dapat membuat siswa menjadi aktif sejak awal pembelajaran. Peserta didik menjadi semangat dalam belajar dan menjawab setiap kolom-kolom pertanyaan teka teki silang yang sudah disediakan oleh guru.