PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII DALAM PELAJARAN IPS DI MTS AL-IHSAN CIPARAY

Authors

  • Devi Yanti Puspianah Universitas Bale Bandung
  • Sri Andar Ishari Universitas Bale Bandung
  • Hendra Prijatna Universitas Bale Bandung

Keywords:

Media, Video Pembelajaran, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di kelas VIII dalam Pelajaran IPS Di Mts Al-Ihsan Ciparay. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dua acara yaitu dokumentasi berupa catatan dari sekolah dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 responden. Analisi yang digunakan adalah uji validitas Pearson Product Moment. Variabel independen dalam penelitian ini adalah video pembelajaran (X), sedangkan variabel dependennya adalah prestasi belajar (Y). Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu variabel video pembelajaran (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi belajar(Y). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel independen video pembelajaran, sedangkan data dependen prestasi belajar siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Penelitian ini merupakan penelitian ke semua murid kelas VIII yaitu sebanyak 50 orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa data pengaruh video pembelajaran berdistribusi normal dan dapat dilanjutkan untuk dianalisi yaitu thitung  > ttabel atau 2,064 > 0,361.

Downloads

Published

02-11-2022

How to Cite

Yanti Puspianah, D., Andar Ishari, S. ., & Prijatna, H. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII DALAM PELAJARAN IPS DI MTS AL-IHSAN CIPARAY. RESOURCE | Research of Social Education, 2(2), 18–22. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/resource/article/view/1351