PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS ANIMASI DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP PLUS DARUL AMANAH CIWIDEY
Keywords:
Media Pembelajaran, Audio Visual Berbasis Animasi, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Mata Pelajaran IPSAbstract
Di tengah pandemic Covid-19 dalam proses PJJ salah satu media yang dapat digunakan adalah media audio visual berbasis animasi. Penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis animasi dalam menunjang PJJ pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Plus Darul Amanah Ciwidey. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan, menganalisis kendala, dan menganalisis upaya penanggulangan kendala penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis animasi dalam menunjang PJJ. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari wawancara dari pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: penggunaan media audio visual berbasis animasi dapat menunjang proses PJJ, karena sangat membantu proses pembelajaran bagi guru maupun siswa dalam memahami pembelajaran. Adapun kendala yang dihadapi siswa saat menggunakan media tersebut yaitu dari segi fasilitas Handphone, kuota, jaringan, dan kapasitas Handpone yang kurang memadai, sedangkan kendala yang dihadapi guru yaitu dalam pengumpulan tugas siswa yang masih belum sepenuhnya mengumpulkan karena kendala tersebut., kemudian kurangnya pemahaman teknologi sehingga belum bisa membuat video sendiri. Adapun upaya penanggulangan dari kendala penggunaan media audio visual ini yaitu dengan cara diadakannya kegiatan luring dan memberikan motivasi kepada seluruh siswa. Kesimpulan dan saran penelitian ini perlu diadakan pelatihan khusus bagi guru yang belum paham dalam menggunakan teknologi atau pembuatan media audio visual berbasis animasi, sehingga menjadikan guru yang berkualitas.