EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (PIPS) UNIBBA TAHUN AKADEMIK 2019/2020
Keywords:
Efektifitas, E-Learning, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa waktu yang lalu dikarenakan adanya wabah COVID-19 yang menyerang dunia awal 2019 hingga saat ini pertengahan 2021, pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk mahasiswa dliburkan, dosen harus lebih interaktif dan kreatif untuk menyampaikan pembelajaran agar para mahasiswa tidak ketinggalan pembelajaran. Salah satunya di Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Bale Bandung pembelajaran yang dimana proses belajar mahasiswa tetap dilaksanakan melalui Zoom Meeting, Google Classrom, Google meet, Edlink Sevima dan WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) UNIBBA AKADEMIK 2019/2020. Penelitian ini merupakan merupakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif untuk menganalisis kejadian, fenomena atau keadaan secara sosial. Metode penelitian yang bersifat deskripsif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi literatur dan kuesioner. Sasaran penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa program studi ilmu pengetahuan sosial. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) UNIBBA AKADEMIK 2019/2020, dapat dikatakan kurang efektif dan masih harus ditingkatkan dan diperhatikan lagi baik dari dosen maupun dari mahasiswa.