PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS

(Studi Deksriptif di kelas VIII-A SMP Tunas Baru Ciparay)

Authors

  • Dena Mustika Universitas Bale Bandung
  • Tasya Amalia Muharaeni Universitas Bale Bandung

Keywords:

Youtube, Pembelajaran Jarak Jauh, llmu Pengetahuan Sosial, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti dalam merekomendasikan penggunaan media Youtube sebagai sumber belajar IPS di SMP Tunas Baru Ciparay. Di tengah Pandemi covid-19 yang merubah sistem pendidikan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) serta di Era 4,0 telah membawa perkembangan pesat dalam teknologi.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan, mendeksripsikan faktor pendorong, dan mengetahui dampak positif dan dampak negatif dari pengguaan media Youtube sebagai sumber belajar IPS di kelas VIII-A SMP Tunas Baru Ciparay. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi deksriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik dikelas VIII-A SMP Tunas Baru Ciparay. Melihat fenomena pada saat melakukan observasi dengan menggunakan media Youtube sebagai sumber belajar IPS dalam pembelajaran, penggunaan media Youtube menunjukan hasil yang baik yaitu dapat terlihat dari 90% siswa mampu menjawab kuis yang diberikan. Adapun dampak positifnya yaitu pembelajaran menjadi lebih efektif, menjadikan siswa mampu berpikir kreatif, dan dapat mengembangkan wawasannya. Sedangkan dampak negatifnya yaitu menyalahgunakan penggunaan media Youtube dengan mengakses konten 17+, dan menggunakan Youtube terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah sehingga tidak dapat berkonsentrasi dengan baik.

Downloads

Published

10-01-2022