PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNIVERSITAS BALE BANDUNG
Keywords:
Hasil Belajar, Literasi Digital, IPSAbstract
Era digital merupakan era dimana semakin pesatnya perkembangan dan persaingan teknologi di dunia, terutama pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat literasi digital mahasiswa pendidikan IPS Universitas Bale Bandung, (2) Bagaimana hasil belajar mahasiswa pendidikan IPS Universitas Bale Bandung, (3) Bagaimana pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan IPS Universitas Bale Bandung. Wujud Hasil Belajar merupakan perubahan perilaku yang terjadi setelah melalui proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Hasil belajar itu diukur untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan sehingga hasil belajar harus sesuai dengan tujuan pendidikan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penga ruh antara literasi digital dengan hasil belajar mahasiswa pendikan IPS Universitas Bale Bandung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode likert. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan IPS Universitas Bale Bandung dengan jumlah 96 mahasiswa dengan sample 49 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data desktiptif. Hasil dan simpulan dari penelitian ini menunjukan adanya pegaruh signifikansi literasi digital terhadap hasil belajar. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t sebesar 0,088 diperoleh r hitung (0,088) > r tabel (0,05) yang artinya bhawa Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasinya adalah 0,411 atau sama dengan 41,1% demikian dapat dinyatakan bahwa ada kolerasi atau pengaruh antara variabel dependent (hasil belajar) dengan independent (literasi digital) adalah sedang.
