ANALISIS KOMPENESI PEDAGOGIK GURU IPS SMPN 1 IBUN DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Sukanda Permana Universitas Bale Bandung
  • Aida Fatimah Universitas Bale Bandung

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Guru IPS, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh,keberhasilan didalam mencapai tujuan dari Pendidikan yang dipengaruhi oleh kualitas pendidik khususnya dalam kompetensi pedagogik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru IPS SMPN 1 IBUN dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan bagaimana keberhasilan kompetensi pedagogik guru IPS SMPN 1 IBUN dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan kompetensi pedagogik guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis interaktif yaitu reduksi data (Miles dan Huberman). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru IPS SMPN 1 IBUN telah melaksanakan kompetensi pedagogik yang baik dari 10 indikator hanya ada satu indikator yang belum sepenuhnya dikuasai guru IPS yaitu memfasilitasi pengembangan potensi siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki karena saat ini terkendala dengan metode pembelajaran yang dilakukan dirumah  namun gurudapatmemahamikarakteristik peserta didik dari aspek fisik,sosial,moral,emosional,kulltural,dan intelektual. Guru dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan pembelajaran. Pada tahap penilaian guru membuat dan menyusun penilaian hasil belajar yang mencangkup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, guru memanfaatkan hasil penilaiannya untuk kegiatan remedial, guru dapat bertidak reflektif di awal pembelajaran sesuai dengan situasi kondisi dan juga dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi saat pembelajaran jarak jauh.

Downloads

Published

10-01-2022