IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPS
(Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas 9 B SMP YPII Cililin Kabupaten Bandung Barat)
Keywords:
Aplikasi, Whatsapp, Media, Pembelajaran, DaringAbstract
Pada kenyataannya hasil belajar IPS Kelas IX SMP YPII Cililin belum memenuhi KKM. Pembelajaran IPS masih banyak menggunakan pembelajaran yang hanya terpusat pada guru semata (teacher centered). Pembelajaran ini masih sering diterapkan oleh guru dengan alasan pembelajaran ini adalah yang paling praktis tetapi metode baik ceramah Inkuiri atau pun yang lain itu masih relatif memakan waktu belajara yang lama, karena itu perlu diimbangi dengan pembelejaran tambahan yang fleksibel dan terjangkau. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengimplementasikan penggunaan media sosial Whatsapp sebagai salah satu alternatif pembelajarn Daring pada saat masa pendemi Covid-19 sekarang ini serta sebagai media pemebalajaran tambahan untuk menunjang pembelejaran dikelas pada masa mendatang. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Actions Research) Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dengan mengimplementasika Whatsapp sebagai media pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquairy dengan metode diskusi tanya jawab serta metode tebak gambar yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 4 petemuan.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat peningakat yang diharapkan setelah penelitian dilaksanakan dengan instrumen pre test dan post test pada setiap siklus. Hasilnya pada siklus pertama didapat hasil siswa yang mencapai nilai KKM 70 pada pretest sebanyak 9,09% dan pada postest terdapat 30,30%. Sedangkan pada siklus kedua didapat hasil siswa yang mencapai nilai KKM 70 pada pre test sebanyak 39,39%, dan pada post test didapat hasil sebanyak 72,73%.