ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 BALEENDAH

Authors

  • Rezki Fadilah Universitas Bale Bandung
  • Rini Ayu Susanti Universitas Bale Bandung
  • Sari Sri Handani Universitas Bale Bandung

Keywords:

Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPS

Abstract

Pembaharuan suatu kurikulum dalam pendidikan harus dilakukan, mengingat kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. kesiapan guru menjadi salah satu faktor keberhasilan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kesiapan dan hambatan guru IPS dalam menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan tahap pengumpulan data dan analisis dari empat indikator kesiapan guru dalam memahami struktur kurikulum, rencana pembelajaran/modul ajar, sarana prasarana dan penilaian pembelajaran. Maka berdasarkan penelitian bahwa guru IPS cukup siap dalam menerapkan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPS dengan melakukan langkah pembelajaran pendahuluan, kegiatan inti terdiri dari mengidentifikasi masalah, memverifikasi data, menyimpulkan data, dan mengkomunikasikan, refleksi, dan terakhir penutup. Hambatan dalam penerapan kurikulum merdeka terdapat pada siswa dan guru yang masih menyesuaikan diri dengan kurikulum yang baru dan sarana prasarana yang belum cukup memadai.

Downloads

Published

17-05-2025

How to Cite

ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 BALEENDAH. (2025). RESOURCE | Research of Social Education, 3(2), 26-35. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/resource/article/view/1362

Similar Articles

1-10 of 21

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)