PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP TUNAS BARU CIPARAY
Keywords:
Keterampilan Berfikir, Kreatif, Metode Pembelajaran,Mind Mapping, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS, rendahnya siswa dalam kemampuan berpikir kreatif, dan minimnya keragaman metode pembelajaran. Tujuan dari penelitian yaitu: ada tidaknya (1) perbedaan hasil posttest kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol; (2) perbedaan hasil pretest dengan posttest kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol; dan (3) perbedaan antara hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan quasi eksperimental design yang dilaksanakan di SMP Tunas Baru Ciparay dengan subjek penelitian sebanyak 60 siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol pada posttest dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; (2) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen antara pretest dan posttest dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas kontrol antara pretest dan posttest nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari metode pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Tunas Baru Ciparay.
