PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNIVERSITAS BALE BANDUNG

Authors

  • Sari Sri Handani Universitas Bale Bandung
  • Septiany Kania Agustiawan Universitas Bale Bandung

Keywords:

Efikasi Diri, Mahasiswa, Pendidikan IPS, Prokrastinasi Akademik

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda mengerjakan ataupun menyelesaikan tugas akademik. Salah satu penyebab mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik adalah rendahnya efikasi diri. Efikasi diri atau rasa yakin terhadap kemampuan diri diperlukan agar mahasiswa mampu bangkit dan tangguh dalam menghadapi tekanan atau masalah akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi pendidikan ilmu pengetahuan sosial Universitas Bale Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ilmu pengetahuan sosial Universitas Bale Bandung angkatan 2019-2022 sebanyak 95 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan skala efikasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik dengan hasil uji t menunjukkan sebesar -4.097 yang mana nilai t-hitung > t-tabel dengan nilai p=0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diartikan bahwa semakin tinggi efikasi diri pada mahasiswa, maka semakin rendah perilaku prokrastinasi akademik. Sebaliknya, semakin rendah efikasi diri pada mahasiswa, maka semakin tinggi perilaku prokrastinasi akademik. Kemudian diketahui nilai koefisien determinasi (R square) penelitian ini sebesar 0,153 sehingga dapat diartikan efikasi diri memberikan sumbangan terhadap perilaku prokrastinasi akademik sebesar 15,3%.

Downloads

Published

17-05-2025

How to Cite

PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNIVERSITAS BALE BANDUNG. (2025). RESOURCE | Research of Social Education, 3(2), 67-75. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/resource/article/view/1366

Similar Articles

1-10 of 24

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)