PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA COKROAMINOTO BALEGEDE KABUPATEN CIANJUR TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar sejarah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar sejarah peserta didik kelas XII SMA Cokroaminoto Balegede Kabupaten Cianjur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII dengan jumlah 50 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket dan wawancara. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung = 2,12 > ttabel = 2,02 dan untuk ttabel (? = 0,05), artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar sejarah peserta didik kelas XII SMA Cokroaminoto Balegede Kabupaten Cianjur.