PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENSEJAHTERAKAN KARYAWAN

(Studi Pada Sentra Bisnis Frozen Food Di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung)

Authors

  • Dea Triyanti Suryaman Universitas Bale Bandung
  • Nana Supriatna Universitas Bale Bandung
  • Hendra Prijatna Universitas Bale Bandung

Keywords:

Peran, UMKM, Kesejahteraan

Abstract

UMKM merupakan ekonomi produktif yang berdiri sendiri yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung, dari usaha mikro, usaha menengah ataupun usaha besar. Rumusan Masalah pada penelitian ini ialah 1. Bagaimana kondisi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mensejahterakan karyawan di Sentra Bisnis Frozen Food Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, 2. Apa saja kendala yang dialami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mensejahterakan karyawan di Sentra Bisnis Frozen Food Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, 3. Bagaimana peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mensejahterakan karyawan di Sentra Bisnis Frozen Food Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung.

Jenis penelitian ini bersifat analisis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data ditekankan observasi dan kuisoner. Dalam metode ini analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, peran UMKM salah satunya yang sangat berpengaruh dalam mensejahterakan karyawan yaitu dengan terciptanya lapangan pekerjaan yang dapat membantu memenuhi empat indikator yang dapat dilihat untuk mencapai kesejahteraan yaitu, pendapatan, perumahan, kesehatan dan pendidikan.

Downloads

Published

02-11-2022

How to Cite

Triyanti Suryaman, D., Supriatna, N., & Prijatna, H. (2022). PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENSEJAHTERAKAN KARYAWAN: (Studi Pada Sentra Bisnis Frozen Food Di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung). RESOURCE | Research of Social Education, 2(2), 1–10. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/resource/article/view/1345

Most read articles by the same author(s)