KEBIJAKAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE DI ERA PANDEMI DI KABUPATEN SUMEDANG
Keywords:
Kebijakan, Inovasi, Pelayanan Publik.Abstract
Pelayanan publik menjadi sebuah wacana dalam menghadapi era pandemi, maka pelayanan publik di lakukan secara digital dengan menggunakan website yang merupakan upaya dalam pelayanan kepada masyarakat untuk mengatasi keterbatasan layanan publik secara langsung demi mencegah penyebaran penyakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi indikator kualitas dan hambatan dalam penerapan inovasi pelayanan publik yang berbasis website secara digital di masa pandemi. Metode dalam penelitian menggunakan metode penelitian kepustakaan, dengan mengumpulkan data melalui teknik dokumentasi dan penelusuran data secara online, serta menggunaan teknik analisis isi. Hasil penelusuran, penulis menemukan bahwa penggunaan website masih membutuhkan pematangan dan penataan dari semua unit pelayanan dalam hal efisiensi, kepercayaan, reliabilitas, dan dukungan masyarakat. hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi pemerintah kabupaten Sumedang dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan kepuasan masyarakat dengan peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik berbasis website. Adapun saran dalam penelitian ini, memerlukan perbaikan server aplikasi maupun website pemerintah, mensosialisasikan secara berkelanjutan dan kapasitas Sumber Daya Manusia berpengalaman dan keterampilan dibidang teknologi.