KUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-El) DI KECAMATAN CILILIN KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Ajat Sudrajat

Keywords:

kualitas, pelayanan publik, birokrasi, KTP-El

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) di Kantor Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Cililin, dengan unit analisis yaitu masyarakat Kecamatan Cililin yang pernah dan sedang melakukan pembuatan  Kartu Tanda Penduduk ( KTP ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.Penelitian ini menggunakan  metode survei. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui Wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedang data sekunder bersumber dari dokumen laporan, peraturan- peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya pelayanan akta pembuatan Kartu tanda penduduk ( KTP ) di Kecamatan Cililin yang dilihat dari kelima dimensi pelayanan yaitu keandalan, daya tanggap, keyakinan, perhatian dan berwujud berdasarkan penelitian sudah dapat dikatakan baik.

 

 

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Ajat Sudrajat. (2021). KUALITAS PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-El) DI KECAMATAN CILILIN KABUPATEN BANDUNG BARAT. JISIPOL | Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/jisipol/article/view/402