PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI BIDANG PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2018

Authors

  • Herry Mulyadi Pemerintah Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Ijin Mendirikan Bangunan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kecamatan Majalaya berdasarkan observasi awal dilapangan ditemukan berbagai permasalahan diantaranya yaitu: Batas waktu pembuatan Ijin mendirikan bangunan yang tidak pasti, bahkan bisa hingga mencapai waktu 6 bulan sampai 1 tahun, adanya penggelembungan biaya retribusi karena masih terdapat praktek percaloan Ijin, sumber daya aparatur yang masih terbatas pada aspek administratif, koordinasi dengan intansi teknis yang belum terjalin dengan baik, prosedur pelayanan yang belum transparan, kesadaran masyarakat untuk membayar retribusi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sangat rendah. Untuk mengkaji permasalahan sebagaimana tersebut diatas metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif, dan memberikan pengertian penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, jadi ia juga menyajikan data, menganalis dan menginterpretasi, serta juga bisa bersifat komparatif dan korelatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan Ijin Mendirikan Bangunan di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung dari ke empat indikator yaitu Tangible (Wujud/fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), dan Emphaty (Empati) sudah baik, namun untuk indikator Assurance (Jaminan) yakni pada jaminan tepat waktu belum dilaksanakan dengan baik. Selain itu, beberapa kendala yang terjadi yakni mengenai tempat parkir yang sempit, ketidaktahuan pengguna layanan mengenai administrasi atau mekanisme pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan dan mengenai kurangnya Sumber Daya Manusia pegawai yang mengakibatkan Surat Ijin Mendirikan Bangunan selesai tidak tepat waktu sesuai ketentuan. Hal ini mengandung implikasi bahwa perlu dilakukan perbaikan yakni dengan memperluas halaman parkir, mengadakan sosialisasi Ijin Mendirikan Bangunan di berbagai lokasi di Kecamatan Majalaya, serta menambah jumlah Sumber Daya Manusia pegawai pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung agar setiap pegawai khususnya pegawai Ijin Mendirikan Bangunan fokus dengan perijinan yang diampu sehingga Surat Ijin Mendirikan Bangunan dapat selesai tepat waktu.

This research is based on problems in Building Permit Services (IMB) in Majalaya District based on initial observation in the field found various problems such as the deadline of making permits to build an uncertain building, even up to 6 months to 1 year, retribution because there is still practice Perm broking, apparatus resources are still limited to administrative aspects, coordination with technical intansi not yet well established, service procedures that have not transparent, public awareness to pay levy Permit Establish Building (IMB) very low. To examine the problems as mentioned above research method used is research method used in this research is descriptive research method with qualitative approach, where the research conducted is descriptive, and give understanding of research which try to telling problem solving that exist now based on data- data, so it also presents data, analyzes and interprets, and can also be comparative and correlative. The result of the research shows that the quality of building permit building service in Majalaya sub-district of Bandung from the four indicators are Tangible, Reliability, Responsiveness, and Emphaty (Empathy) is good, but for Assurance indicator ( Guarantee) ie on timely warranty has not been implemented properly. In addition, there are some obstacles that occur concerning the narrow parking lot, the ignorance of service users regarding the administration or service mechanism of Building Establishment Permit and the lack of Human Resources of employees resulting in Building Permit Permit is not timely in accordance with the provisions. This implies that it needs to be improved by expanding the parking lot, holding a Building Permit in various locations in the Majalaya sub-district, as well as increasing the number of Human Resources employees of Building Permit Service in Majalaya District Bandung Regency so that every employee, especially the employee of Building Permit focus with licensed permissions so that the Building Permit Letter can be completed on time.

Keywords: Service Quality, Building Permit

Downloads

Published

2019-01-03

How to Cite

PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI BIDANG PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DI KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2018. (2019). JISIPOL | Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 85-103. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/jisipol/article/view/9

Similar Articles

51-60 of 64

You may also start an advanced similarity search for this article.