RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN MENINGKATKAN EFISIENSI PEMASARAN (STUDI KASUS DI MD TALI KUR)

Authors

  • j-sika UNIBBA
  • Rosmalina
  • Lutfia Kasifatul M UNIBBA

Keywords:

Rancang Bangun, Sistem Informasi, CRM..

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada era ekonomi digital menuntut para pelaku bisnis berinovasi dan meningkatkan kinerja perusahaan mereka. Salah satu pendekatan yang banyak diadopsi adalah melalui penerapan sistem Customer relationship management (CRM) atau manajemen hubungan pelanggan. MD Tali Kur merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi tali kur pramuka sebagai produk utama. Sistem pemasaran yang berjalan di MD Tali Kur adalah pemilik UMKM ini bergabung dengan grup pramuka satu Indonesia pada platform Facebook, dimana di dalam grup ini terdapat sekolah-sekolah dan para produsen penyedia peralatan pramuka. MD Tali Kur menjadi salah satu dari sekian produsen tali kur yang ada di dalam grup. Ditambah dengan pesaing dari daerah terdekat yaitu Kecamatan Majalaya yang rata-rata menjadi produsen tali kur menyebabkan persaingan semakin ketat. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu MD Tali Kur dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan efisiensi pemasaran. Metode yang digunakan untuk merancang sistem ini adalah waterfall yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengkodean dan Pengujian. Pada tahap analisis dilakukan pengumpulan data dengan observasi ke UMKM MD Tali Kur, kemudian melakukan wawancara dengan Bapak Mamad selaku pemilik MD Tali Kur dan studi pustaka sesuai dengan penelitian. Perancangan sistem ini menggunakan Unified Modeling Language (UML) dengan jenis perancangan use case diagram, activity diagram, dan class diagram. Pada tahap desain menggunakan software Balsamiq Mockup. Pada tahap pengkodean menggunakan Bootstrap. Pada tahap pengujian menggunakan metode Black Box Testing. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pemasaran pada UMKM MD Tali Kur dan meningkatkan loyalitas pelanggan

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

j-sika, Rosmalina, & Lutfia Kasifatul M. (2024). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN MENINGKATKAN EFISIENSI PEMASARAN (STUDI KASUS DI MD TALI KUR). J-SIKA|Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 6(02), 102–115. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/j-sika/article/view/1553

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>