HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT

Authors

  • Jahirin
  • Riska Nurjanah

Keywords:

Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan pasien

Abstract

Rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan bersifat publik dituntut mampu melakukan pelayanan keperawatan yang melalui standar pelayanan minimal yang berorientasi pada kepuasan pasien melalui peningkatan mutu pelayanan keperawatan. Adapun penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan Pasien diruang rawat inap Rumah Sakit. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 94 responden dan pengumpulan data dilakukan dengan mengguakan angket. Hasil penelitian didapatkan bahwa mutu pelayanan keperawatan kurang baik (10,6%), cukup/netral (20,2%), baik (62,8%), dan sangat baik (6,4%), sedangkan kepuasan pasien menyatakan kurang puas (18,1%), puas (69,1%), sangat puas (12,8%). Nilai koefisien korelasi dari hasil spearman rank sebesar 0,406 dan nilai P value 0,001 yakni ? 0,05 yang berarti H0 di tolak dan H1 diterima, dimana dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien. Untuk meningkatkan kepuasaan pasien maka rumah sakit harus terus dan konsisten meningkatkan mutu pelayanan keperawatan secara menyeluruh dan kesinambungan.

Kata Kunci: Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan pasien

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Jahirin, & Riska Nurjanah. (2021). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT. HEALTHY JOURNAL | Jurnal Ilmiah Kesehatan Ilmu Keperawatan, 5(2), 17–24. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/view/471

Most read articles by the same author(s)