HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET (HANDPHONE) DENGAN POLA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH

Authors

  • Jahirin
  • Amelinda

Keywords:

gadget, perkembangan sosial, anak prasekolah

Abstract

World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa terdapat 5-25% dari anak anak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan. Tercatat 8- 9% anak prasekolah mengalami masalah psikososial khususnya masalah sosialemosional seperti kecemasan, susah beradaptasi, susah bersosialisasi, susah berpisah dari orang tua, anak sulit diatur, dan perilaku agresif. Berbagai stimulasi mampu mempengaruhi perkembangan anak, diantaranya yaitu gadget atau handphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan penggunaan gadget (handphone) dengan pola perkembangan sosial anak usia prasekolah. Penelitian ini merupakan deskriptif korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional, serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling dengan jumlah sampel 28 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 45,95% anak menggunakan gadget (handphone) dan termasuk dalam kategori ringan, 58,69% anak memiliki pola perkembangan sosial positif dan termasuk dalam kategori buruk, dan 90,91% anak memiliki pola perkembangan sosial negatif dan termasuk dalam kategori baik. Hasil uji Rank Spearman didapatkan p-value tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan gadget (handphone) terhadap pola perkembangan sosial anak prasekolah. Kata kunci: gadget, perkembangan sosial, anak prasekolah

Downloads

Published

2021-06-16

How to Cite

Jahirin, & Amelinda. (2021). HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET (HANDPHONE) DENGAN POLA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH . HEALTHY JOURNAL | Jurnal Ilmiah Kesehatan Ilmu Keperawatan, 7(2), 20–28. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/view/493

Most read articles by the same author(s)