PENGGUNAAN TEKNIK NOTE TAKING PAIRS UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA
DOI:
https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i1.540Keywords:
Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs, Menulis, Teks BeritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari pembelajaran menulis teks berita melalui Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran dan dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang kurang menunjukkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran yang masih banyak di bawah KKM, dikarenakan proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui Teknik Kolaboratif Note- Taking Pairs pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran? 3) Bagaimana hasil pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran? Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, lembar angket untuk mengetahui minat/keinginan siswa untuk dapat menulis, khususnya menulis teks berita. Selain angket, lembar observasi juga digunakan untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran menulis teks berita yang meliputi keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil belajar siswa di setiap siklusnya. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta keaktifan siswa pada pembelajaran menulis teks berita di kelas VIII G SMP Pemuda Banjaran. Dengan demikian, penggunaan Teknik Kolaboratif Note-Taking Pairs dapat dijadikan salah satu teknik pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran menulis berbagai teks yang lainnya.