UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INSPIRASI LINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Diana Silaswati Dosen Prodi PBSI FKIP UNIBBA
  • Indah Nurrahmi Zakiyah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia FKIP UNIBBA

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.148

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual, Lingkungan Sekolah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan implementasi keterampilan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual dengan inspirasi lingkungan sekolah di kelas VIII MTs. Al-Muhajirin, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual dengan  inspirasi lingkungan sekolah di kelas VIII MTs. Al-Muhajirin, (3) mendeskripsikan hasil penerapan keterampilan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual dengan inspirasi lingkungan sekolah pada siswa kelas VIII MTs. Al-Muhajirin. Desain/metodologi/ pendekatan Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Objek penelitiannya adalah pembelajaran menulis puisi, sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs. Al-Muhajirin sejumlah 32 siswa. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, data dari narasumber, dan lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Pendekatan yang diguanakan yaitu pendekatan kontekstual.

 

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Silaswati, D., & Nurrahmi Zakiyah, I. . (2018). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INSPIRASI LINGKUNGAN SEKOLAH. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 11(1), 39–47. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.148

Most read articles by the same author(s)