UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INSPIRASI LINGKUNGAN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i1.148Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual, Lingkungan SekolahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan implementasi keterampilan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual dengan inspirasi lingkungan sekolah di kelas VIII MTs. Al-Muhajirin, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual dengan inspirasi lingkungan sekolah di kelas VIII MTs. Al-Muhajirin, (3) mendeskripsikan hasil penerapan keterampilan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual dengan inspirasi lingkungan sekolah pada siswa kelas VIII MTs. Al-Muhajirin. Desain/metodologi/ pendekatan Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Objek penelitiannya adalah pembelajaran menulis puisi, sedangkan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs. Al-Muhajirin sejumlah 32 siswa. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, data dari narasumber, dan lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Pendekatan yang diguanakan yaitu pendekatan kontekstual.