The PERAN GEN Z DALAM MENCERDASKAN PEMILIH PADA PEMILU 2024
Abstract
Generasi Z, yang sering disebut sebagai sosok yang penuh energi, sangat adaptif, dan menyukai tantangan serta perubahan, memiliki karakteristik unik yang sangat potensial dalam menggerakkan perubahan sosial. Sebagai promotor, pelopor, dan inisiator, Gen Z memiliki kemampuan untuk mempengaruhi lingkungan sekitar mereka secara positif. Mereka dapat memanfaatkan media sosial dan platform digital untuk menyebarkan informasi yang akurat, mengajak masyarakat untuk berpikir kritis, dan mempromosikan pentingnya memiliki pemimpin yang berintegritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi pustaka (library research). Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis sebagai metode utama. Landasan teori digunakan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta yang relevan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Generasi Z tampil sebagai garda terdepan dalam menyuarakan edukasi politik, membuktikan diri sebagai aktor, inisiator, sekaligus pelopor yang selalu terhubung dengan perkembangan berita, isu, dan fenomena terkini. Melalui platform seperti Instagram, TikTok, dan Twitter, mereka secara aktif membagikan informasi mendalam tentang visi, misi, serta rekam jejak para calon pemimpin bangsa. Berbagai inisiatif kreatif lahir dari tangan-tangan Generasi Z, termasuk pembuatan situs web informatif dan kampanye digital yang dirancang untuk menangkal berita bohong, kampanye hitam, serta perilaku manipulatif lainnya yang marak selama pemilu. Upaya ini ditujukan untuk melindungi proses demokrasi, terutama dalam menjaga citra para calon presiden dan wakil presiden dari distorsi informasi yang merugikan.
Kata Kunci: Gen Z, Pemilu, Media Sosial, Edukasi Politik, Kreatif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pijar Qolbun Sallim Pijar, Zulkifli , Winanda, Andini , Sukma, Rahma Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.