ANALISIS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Ujud Rusdia Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Bale Bandung

Keywords:

Pelayanan, Birokrasi, KTP-El

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) di Kantor Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Lembang, dengan unit analisis yaitu masyarakat Kecamatan Lembang yang pernah dan sedang melakukan pembuatan Kartu Tanda Penduduk ( KTP ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.Penelitian ini menggunakan metode survei. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui Wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedang data sekunder bersumber dari dokumen laporan, peraturan- peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya pelayanan akta pembuatan Kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El) di Kecamatan Lembang yang dilihat dari kelima dimensi pelayanan yaitu keandalan, daya tanggap, keyakinan, perhatian dan berwujud berdasarkan penelitian sudah dapat dikatakan baik.

The purpose of this studywas to determine how the quality of service of making identity cards at the district office lembang with the unit of analysis in the district office lembang that ever and are done making identification cards. The metode used in this study is a qualitative method. The research method is basically a scientific way to get the data with the purpose and usefulness. This study uses survei. Type of data consist of primary data obtained through interviews and direct field observation were secondary data sourced from the report documents related regulation with the problems that will be investigated. The result indicate that in general the services certificate identity card making in the district as seen from fifth dimension namely the rehability of service responsiveness confidence attention and intangibles based research can already be said to be good.

Keywords: Service, Bureaucracy, E-KTP

Downloads

Published

2019-01-03

How to Cite

ANALISIS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (KTP-EL) DI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT. (2019). JISIPOL | Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 104-113. https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/jisipol/article/view/10

Similar Articles

61-70 of 95

You may also start an advanced similarity search for this article.