PERANCANGAN PROSEDUR PEMENUHAN PERMINTAAN (REQUEST FULFILLMENT) LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY V3 (Studi Kasus: Sistem Informasi LITERA, Uninus)
Abstract
Universitas Islam Nusantara (Uninus) telah menggunakan sistem informsi Layanan Informasi Terpadu Nusantara atau disebut "LITERA". Sistem informasi LITERA merupakan sebuah sistem informasi universitas yang bersifat terintegrasi dan mengharuskan seluruh individu di Uninus untuk memiliki akun pengguna pada sistem ini. Seluruh layanan teknologi informasi (TI) yang diberikan, dapat dimanfaatkan dengan menggunakan akun yang harus dibuat dengan menggunakan alamat surel @uninus.ac.id. Penyelenggaraan layanan TI diselenggarakan untuk memenuhi permintaan layanan dari pengguna (user), mulai dari layanan pembuatan email, password dan pemberian informasi user ID. Beberapa permintaan layanan akan sering terjadi dan akan membutuhkan penanganan secara konsisten untuk tingkat layanan yang disepakati. Di karenakan belum memiliki prosedur standar baku yang dapat dijadikan acuan dalam melakukan layanan TI, mengakibatkan beberapa permintaan layanan TI dapat terjadi berulang kali yang membutuhkan penanganan secara konsisten. Pemenuhan permintaan (Request Fulfillment) layanan TI merupakan salah satu proses dalam Framework Information Technology Infrastructure Library V3 (IT-ILV3), pada cycle service operation, yang menyediakan layanan mengenai request atau keinginan user dan mempunyai kegunaan untuk menyediakan akses yang cepat dan efektif untuk layanan standar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi. Tahapan penelitian yang dilakukan pada proses ini adalah dukungan pemenuhan permintaan, permintaan logging dan kategorisasi, permintaan model eksekusi, permintaan monitoring dan eskalasi, serta permintaan penutupan dan eskalasi. Tujuan penelitian adalah menghasilkan rancangan prosedur perubahan email, prosedur perubahan password dan pemberian informasi user ID. Hasilnya adalah 2 dokumen SOP pemenuhan permintaan layanan TI yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam pelaksanaannya