HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA ANAK KELAS IV DAN V DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ganjar Safari
  • Mega Mulya

Keywords:

Perilaku Agresif, kecanduan, video game

Abstract

Agresi merupakan setiap bentuk pilaku untuk menyakiti atau merugikan seseorang yang bertentangan dengan kemauan orang itu. Salah satu Penyebab anak berperilaku agresif adalah bermain game bertema kekerasan. Game membuat anak menjadi kasar, suka mencaci, bahkan kehilangan pengendalian diri. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan bermain game online dengan perilaku agresif pada anak kelas IV dan V SD. Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross-sectional dengan metode pendekatan deskriptif korelasi. Sampel yang diambil dengan total sampling dengan berjumlah 36 anak yang berusia 1011 tahun. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner dengan uji statisticRank Spearman. Hasil penelitian pada 36 responden, dimana perilaku agresif fisik masuk ke dalam kategori agresif fisik rendah dan perilaku agresif verbal masuk ke dalam kategori agresif verbal rendah. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bermain game online dengan perilaku agresif fisik dan perilaku agresif verbal. Peneliti menyarankan orang tua berperan aktif dalam melakukan pengawasan pada anak agar tidak terkikisnya norma-norma dan nilai budaya yang dikarenakanbermain game online bertema kekerasan. Kata Kunci: Perilaku Agresif, kecanduan, video game.

Downloads

Published

2021-06-16

How to Cite

Ganjar Safari, & Mega Mulya. (2021). HUBUNGAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA ANAK KELAS IV DAN V DI SEKOLAH DASAR . Healthy Journal, 8(2), 29–38. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/view/506

Most read articles by the same author(s)