PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-6 TAHUN

Authors

  • Ganjar Safari
  • Nine Oktaviani

Keywords:

Permainan Ular tangga, Perkembangan, Sosialisasi

Abstract

Rendahnya sosialisasi pada anak dapat menyebabkan timbulnya masalah bagi anak. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah sosialisasi adalah bermain dengan permainan ular tangga, permainan ini anak diajarkan untuk belajar membaca, menambah kosakata yang baru, belajar sabar untuk menunggu giliran, serta belajar memahami konsep sebab akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap perkembangan sosial pada anak. Metode yang digunakan adalah Pre eksperimental dengan One Group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah 45 responden dengan perkembangan sosial yang belum berkembang. Hasil penelitian menunjukkan 45 anak sebelum diberikan permainan ular tangga belum berkembang dan setelah diberikan permainan ular tangga terdapat 30 anak dengan perkembangan sosial sangat baik dan 15 anak dengan perkembangan sosial sesuai harapan. Berdasarkan analisis terdapat pengaruh permainan ular tangga terhadap perkembangan sosial pada anak. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan permainan ular tangga ini dapat digunakan dan diterapkan untuk mengatasi masalah perkembangan sosial pada anak.

Kata kunci : Permainan, Ular tangga,Perkembangan, Sosialisasi

Downloads

Published

2021-06-16

How to Cite

Ganjar Safari, & Nine Oktaviani. (2021). PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-6 TAHUN. Healthy Journal, 7(1), 30–37. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/healthy/article/view/488

Most read articles by the same author(s)