Archives

  • AGRO TATANEN Edisi JULI 2021 | Jurnal Ilmiah Pertanian
    Vol. 3 No. 2 (2021)

    Rasa Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya Jurnal Ilmiah Pertanian AGRO TATANEN Volume 3, Nomor 2, Juli 2021. Pada jurnal nomor ini menyajikan lima naskah primer yang membahas Hubungan Kadar Air dan Bobot Isi Tanah terhadap Berat Panen Tanaman Pakcoy pada Kombinasi Kompos Sampah Kota dan Pupuk Kandang Sapi, Pengaruh Jenis Warna dan Ketinggian Perangkap terhadap Serangan Hama Tanaman Kentang (Solanum tuberosum), Pengaruh Takaran Pupuk Kandang Ayam dan Pupuk Kalium terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharate L.) Varietas Talenta, Pengaruh Sistem Olah Tanah dan Pengendalian Gulma terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccharata Sturt.) Varietas Paragon, dan Studi Keragaman Jenis Tanaman di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Borobudur, Jakarta. Terima kasih kepada Authors, atas ide, gagasan, dan karya tulis yang telah dipercayakan kepada jurnal kami. Semoga pembaca menjadikan jurnal kami sebagai referensi dan acuan berkenaan dengan pemecahan masalah seputar dunia pertanian.

  • AGRO TATANEN Edisi April 2020 | Jurnal Ilmiah Pertanian
    Vol. 2 No. 2 (2020)

    Edisi ini merupakan edisi terakhir di tahun 2020, karena kelanjutan dari edisi berikutnya akan di publish pada Januari dan Juli 2021. Adapun serial untuk terbitan Januari 2021 yaitu volume 3 nomor 1.

    Pada jurnal nomor ini menyajikan empat naskah primer yang membahas Peranan Koperasi dalam Menunjang Kinerja Petanu Kopi, Pearuh Terak aja dan Bokashi Sekam Padi terhadap Air Tersedia, Biomassa Tanaman serta Korelasinya pada Tanaman Cabai Merah setelah Vegetatif Akhir pada Andisol, Lembang, Respon Tanaman Padi Sawahn (Oryza sativa L.) Variaetas Ciherang terhadap Takaran Pupuk Kandang Ayam dan Urien Kelinci, Arthopoda Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit : Perbandingan Populasi Arthropoda Pada Serasah dan Tanah Mineral. Terima kasih kepada Authors, atas ide, gagasan, dan karya tulis yang telah dipercayakan kepada jurnal kami. Semoga pembaca menjadikan jurnal kami sebagai referensi dan acuan berkenaan dengan pemecahan masalah seputar dunia pertanian

    Terima kasih atas partisipasi rekan-rekan baik author, editorial, penelaah, maupun mitra bestari. Semoga Jurnal AgroTatanen dapat dijadikan rujukan untuk pengembangan pertanian Indonesia, khususnya di Kabupaten Bandung.

  • AGRO TATANEN Edisi JANUARI 2021| Jurnal Ilmiah Pertanian
    Vol. 3 No. 1 (2021)

    Rasa Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya Jurnal Ilmiah Pertanian AGRO TATANEN Volume 3, Nomor 1, Januari 2021. Pada nomor ini menyajikan lima naskah primer yang membahas Pengaruh pemberian pestisida organic terhadap penekanan intensitas hama penggerek batang padi kuning (Scirpophaga  incertulas) dan hasil padi hitam (Oryza sativa.L), analisis prospek pengembangan usahatani jeruk siam berdasarkan kelayakan usaha di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, pengaruh pengolahan tanah dan takaran pupuk nitrogen terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung semi (Zea mays L.), efikasi konsentrasi insektisida berbahan aktif Bacillus thuringiensis dan Emamektin Benzoat terhadap ulat bawang (Spodoptera exigua) pada tanaman bawang daun (Allium fistulosum L.), dan Aplikasi kascing dan pupuk kandang ayam dalam memperbaiki bahan organic tanah serta pertumbuhan kedelai.
    Terima kasih kepada Authors, atas ide, gagasan, dan karya tulis yang telah dipercayakan kepada jurnal kami. Semoga pembaca menjadikan jurnal kami sebagai referensi dan acuan berkenaan dengan pemecahan masalah seputar dunia pertanian.

  • AGRO TATANEN Edisi OKTOBER 2019 | Jurnal Ilmiah Pertanian
    Vol. 2 No. 1 (2019)

    Jurnal Ilmiah Pertanian AGRO TATANEN Volume 2, Nomor 1, Oktober 2019. Pada nomor ini menyajikan lima naskah primer yang membahas pengaruh terak baja dan bokashi sekam padi terhadap air tersedia, biomassa tanaman, serta korelasinya pada tanaman cabai merah  setelah vegetatif akhir pada Andisol Lembang, uji efikasi insektisida berbahan aktif Bacillus thuringiensis dan emamektin benzoate terhadap Spodoptera exigua serta pengaruhnya terhadap keragaan tanaman bawang daun, keragaan vegetatif dan hasil tanaman kentang Varietas Granola akibat aplikasi pupuk NPK (15:15:15), aplikasi pupuk kandang ayam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang (Solanum tuberosum L.), pengaruh pemberian konsentrasi pupuk hayati terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kubis (Brassica oleracea L.) Varietas Green Coronet.

  • AGROTATANEN Edisi APRIL 2019 | Jurnal Ilmiah Pertanian
    Vol. 1 No. 2 (2019)

    Rasa Syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya Jurnal Ilmiah Pertanian AGRO TATANEN Volume 1, Nomor 2, April 2019. Pada nomor ini menyajikan lima naskah primer yang membahas karakteristik tanah dibawah vegetasi albasia beserta nilai tambah kayu sengon, membandingkan berbagai macam konsentrasi pupuk organik terhadap hasil cabai keriting, uji inokulan berbahan aktif mikroorganisme terhadap tanaman kentang, mengkaji pupuk organik cair sebagai nutrisi tambahan pada pembibitan kopi, dan dugaan faktor pembatas serta kecukupan silika untuk padi sawah di tanah gambut.
    Terima kasih kepada Authors, atas ide, gagasan, dan karya tulis yang telah dipercayakan kepada jurnal kami.
    Semoga pembaca menjadikan jurnal kami sebagai referensi dan acuan berkenaan dengan pemecahan masalah seputar dunia pertanian.

  • AGRO TATANEN Edisi OKTOBER 2018 | Jurnal Ilmiah Pertanian
    Vol. 1 No. 1 (2018)

    Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas terbitnya Jurnal Ilmiah Pertanian AGRO TATANEN Volume 1, Nomor 1, Oktober 2018. Pada nomor ini menyajikan lima naskah primer yang membahas pertumbuhan dan hasil pakchoy akibat pemberian pupuk hayati, perbandingan dosis pupuk nitrogen untuk tanaman buncis, respon tanaman varietas Green Pakchoy terhadap pemberian NPK, kombinasi jarak tanam dan jumlah bibit untuk tanaman bawang daun, dan menakar konsentrasi pupuk daun terhadap hasil pucuk teh (klon Gambung 7). Kami berharap artikel ilmiah dalam Jurnal  pertanian Agro Tatanen edisi pertama ini dapat menjadi inspirasi dan bahan rujukan bagi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya bidang pertanian. Para pembaca dapat tergugah untuk berkontribusi lebih lanjut terutama dalam mengisi artikel ilmiah pada edisi berikutnya.