This is an outdated version published on 2021-10-30. Read the most recent version.

PENGUATAN LITERASI DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SQRACT TERHADAP MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH SMTR V FKIP UNIBBA TAHUN AKADEMIK 2020/2021

Authors

  • Rina Andriani

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i2.725

Keywords:

Strategi SQRACT, Literasi, budaya literasi, literasi digital

Abstract

Setiap individu perlu memahami bahwa literasi digital merupakan hal penting yang dibutuhkan untuk dapat berpartisipasi di dunia modern sekarang ini. Oleh karena itu, agar tidak tertinggal informasi maka harus dilakukan penguatan terhadap literasi digital mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Semester V Tahun Akademik 2020/2021 dengan Menggunakan Strategi SQRACT. Metode Penelitian yang dipergunakan postest – pretest design. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kompetensi membaca pretest 25,6 % menjadi 50,4% pada postest, kompetensi menulis pretest 23,4% menjadi 48,6% pada postest, dan kemampuan menghasilkan produk digital pretest 22,8% menjadi 60,2% pada postets. Simpulan dari penelitian ini, penguatan literasi digital dapat meningkat dengan mempergunakan Strategi SQRACT.

Downloads

Published

2021-10-30

Versions

How to Cite

PENGUATAN LITERASI DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SQRACT TERHADAP MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH SMTR V FKIP UNIBBA TAHUN AKADEMIK 2020/2021. (2021). METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 14(2), 17-25. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i2.725

Most read articles by the same author(s)