EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIME YAKUSIKU NO NEVERLAND DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA FANTASI SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i1.814Keywords:
cerita fantasi, media film, pembelajaran menyimakAbstract
Artikel ini mengkaji tentang kemampuan siswa SMP dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi sebelum dan sesudah penggunaan media film anime Yakusoku No Neverland. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu bentuk desain Pre-experimental design dengan jenis “one group pretest-posttest design”. Subjek penelitian adalah terhadap siswa kelas VII SMP Karya Pembangunan 1 Baleendah. Untuk menganalisis data penelitian menggunakan dua tahap pengujian, yaitu uji normalitas kedua data normal hasil pre-test 1,08 lebih kecil dari 7815. post-test 2,96 lebih kecil dari 5,911 pada kepercayaan 95%. Hasil uji hipotesis normal dengan data thitung 25,35 < ttabel 1706 pada taraf 95% dengan drajat kebebasan db= 26. Dengan demikian penggunaan media film anime Yakusoku No Neverland efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi siswa SMP khususnya di kelas VII SMP Karya Pembangunan 1 Baleendah.