PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMK KEBON JERUK
DOI:
https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i1.714Keywords:
media instruksional, media video, teks prosedurAbstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang merujuk pada suatu gagasan yang dituangkan melalui sebuah tulisan.Gaya belajar yang dilakukan oleh setiap siswa berbeda-beda. Namun, jika kita menilik gaya belajar siswa di zaman sekarang, mereka cenderung lebih senang dengan menggunakan media video. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media video terhadap kemampuan menulis teks prosedur kelas XI SMK Kebon Jeruk. Baik dari kelengkapan struktur teks prosedur, tata bahasa, dan tanda baca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI SMK Kebon Jeruk. Objek dan sumber data penelitian ini adalah hasil menulis siswa yang berasal dari media video dan responsive siswa setelah menggunakan media video terhadap pembelajaran menulis teks prosedur. Penelitian ini menggunakan media video karena melihat permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah khususnya SMK kurang minatnya siswa dalam menulis, sehingga peneliti tertarik untuk mengambil permasalahan tersebut. Kemudian, untuk menunjang keberhasilan dalam penelitiannya peneliti memberikan sebuah media pembelajaran berupa video. Hasil dari penelitian ini adalah media video sangat berpengaruh terhadap pembelajaran menulis siswa.