PENGGUNAAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VIII SMP YAPERMAS JAKARTA

Authors

  • Alvina Rizkiani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v14i1.545

Keywords:

Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Mind Mapping

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang merujuk pada suatu gagasan yang dituangkan melalui sebuah tulisan. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan kata atau kalimat, bisa dibilang mata pelajaran yang membosankan namun tidak dapat ditinngal karena ini merupakan mata pelajaran wajib bagi siswa. Metode mind mapping merupakan metode yang dapat membantu untuk menyelesaikan salah satu tugas yaitu menulis yang berkaitan dengan kata, menulis deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu metode yang mungkin bisa digunakan untuk membantu mengerjakan tugas menulis deskripsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII SMP Yapermas Jakarta. Objek dan sumber data penelitian ini adalah tugas siswa sendiri dan hasil menulis siswa setelah menggunakan metode mind mapping video dan responsive siswa setelah menggunakan metode mind mapping pada  pembelajaran menulis teks dekripsi.

Downloads

Published

2021-04-30