MENULIS TEKS EKSPOSISI DALAM MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

Authors

  • Neneng Maelasari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v13i1.303

Keywords:

Menulis teks eksposisi, Model pembelajaran mind mapping

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran mind mapping bagi peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksposisi. Menulis mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan menulis seseorang dapat mengembangkan daya pikir dan kreativitas. teks eksposisi adalah tulisan berisi pemikiran penulis yang memaparkan, menjelaskan, atau menerangkan suatu ide/gagasan, serta menguraikan sesuatu dan informasi disampaikan dengan sejelas-jelasnya untuk memperluas wawasan atau pengetahuan pembaca. Keterampilan menulis pada siswa dibangun melalui latihan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Model pembelajaran mind mapping dapat melatih proses berpikir peserta didik Keterampilan menulis dapat dipacu dengan memberikan stimulus–stimulus melalui model pembelajaran mind mapping yang sangat berperan dalam mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas, dapat menumbuhkan keberanian, pendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi yang kemudian dapat dituangkan siswa dalam mengembangkan sebuah tulisan. Kajian ini menggunakan Pendekatan kualitatif.

Downloads

Published

2020-04-30

Most read articles by the same author(s)