IMPLEMENTASI MEDIA FLASHCARD PADA PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN PERSUASI UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X SMA TUNAS BARU CIPARAY
DOI:
https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v11i2.152Keywords:
Menulis karangan persuasi, Media, flashcardAbstract
Permasalahan yang dibahas di dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas X SMA Tunas Baru Ciparay dengan menggunakan media flashcard. Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan siswa dalam menulis karangan persuasi sehingga pembelajaran menulis di dalam kelas kurang diminati oleh siswa, hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran di dalam kelas kurang variatif. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan pembelajaran menulis karangan persuasi dengan menggunakan media flashcard; 2) proses pelaksanaan pembelajaran menulis karangan persuasi dengan menggunakan media flashcard, dan 3) hasil belajar siswa setelah diterapkan media flashcard dalam pembelajaran menulis karangan persuasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Adapun prosedur penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, angket, jurnal, wawancara, catatan kegiatan, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Tunas Baru Ciparay dengan jumlah 25 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media flashcard dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis karangan persuasi. Berdasarkan hasil tes siswa, pada siklus I skor rata-rata sebesar 58,14 pada siklus II skor rata-rata sebesar 65,85 sedangkan pada siklus III skor rata-rata sebesar 84,74. Peningkatan jumlah skor keterampilan menulis karangan persuasi dari siklus I sampai siklus II sebesar 7,71 dan peningkatan skor dari siklus II sampai siklus III sebesar 18,89. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi siswa kelas X-3 SMA Tunas Baru Ciparay.
The problems that will be tell in this research is the students ability in writing persuasive essay by using flashcard media at class X in SMA Tunas Baru Ciparay. The background of this research is the difficulties facing by the students in writing persuasive essay that learning writing in the classroom aren’t interested for students, it happens because the using media employed in the classroom are noted variated. Based on the problems above, the purpose of this research is to describe it: 1) planning learning writing essay using flashcard media; 2) the process of implementing learning writing persuasive using flashcard media, and 3) students learning outcomes after applying flashcard media in learning to write persuasive essays. The method used in this research is classroom action research (PTK). The procedure for conducting the research was carried out in three cycles using the Kemmis and Taggart models. Data collection techniques in the form of observations, questionnaires, journals, interviews, activity notes, and documentation. Subjects in this research was all of the students of class X-3 SMA Tunas Baru Ciparay. The total of subject was 25 consisting of 16 male students and 9 female students. The results of the research show that learning using flashcard media can improve students understanding in writing persuasive essays. Based on students test results, the implementation of the first cycle scores an average of 58,14. Meanwhile, in second cycle the average score is 65,85. While in third cycle the average score is 84,74. Increasing the total scores in persuasive writing skills from first cycle to second cycle is 7,71 while the increase in scores from second cycle to third cycle is 18,89. Thus, it can be concluded that the using flashcard media can improve the writing skills of essay writing for students of class X-3 SMA Tunas Baru Ciparay.
Keyword: writing persuasive essay and flashcard media