IMPLEMENTASI MEDIA FILM DOKUMENTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ciparay Tahun Ajaran 2017/2018)

Authors

  • Indra Nugrahayu Taufik Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bale Bandung
  • Dinar Nurhayati Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i1.128

Keywords:

Implementasi, media film, teks eksplanasi, pembelajaran menulis, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memotivasi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi karena pemilihan media dan metode yang tepat sangat berpengaruh terhadap minat dan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Siswa sebenarnya kurang motivasi dalam menulis dan kesulitan untuk mengembangkan kejadian kedalam sebuah tulisan yang baik. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan Mc taggrat. Penelitian tindakan yaitu suatu tindakan penelitian dengan mencermati sebuah kegiatan belajar yang diberikan tindakan, yang secara sengaja dimunculkan dalam sebuah kelas. Penelitian tindakan ini meliputi, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan. Hasil dari penelitian setelah menggunakan media film dokumenter, kemampuan menulis teks eksplanasi mengalami peningkatan. Pada penggunaan media film dokumenter juga dapat meningkatkan motivasi dan antusias siswa dalam belajar menulis teks eksplanasi. Selain untuk meningkatkan antusias dan motivasi belajar siswa, penggunaan media film dokumenter juga dapat dijadikan metode baru agar tidak membuat siswa jenuh dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam menaggapi dan membuat teks eksplanasi melalui tayangan tersebut. Terlihat dari perolehan nilai evaluasi yang dilaksanakan pada setiap tindakan atau siklus pada tindakan pertama, tindakan kedua, tindakan ketiga. Harapan dari penelitian ini adalah dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap perkembangan penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi sebagai upaya agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan makssimal serta menjadi sarana untuk mengasah keterampilan menulis teks eksplanasi.

Downloads

Published

2019-04-30