PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DI KELAS X SMA NEGERI 10 TANGERANG SELATAN
Keywords:
pembelajaran, hambatan, CIRC, menulis kembali, teks biografiAbstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis kembali teks biografi menggunakan bahasa sendiri oleh siswa kelas X SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) beserta mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran menulis kembali teks biografi dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) oleh siswa kelas X SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan proses kegiatan belajar mengajar guru dan siswa di kelas X IPS 4 SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan dengan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan hambatan-hambatan yang dihadapi siswa dalam belajar menulis kembali teks biografi saat menggunakan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) sebagai objek penelitian. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan memanfaatkan observasi dan wawancara sebagai metode penelitian. Hasil penelitian menunjukan keberlangsungan pembelajaran menulis kembali teks biografi siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan telah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru sesuai dengan aturan yang berlaku secara tertib (sesuai urutan) bersama dengan berbagai aspek yang termuat di dalamnya. Hambatan yang dialami oleh mayoritas siswa dalam belajar menulis kembali teks biografi adalah kurangnya pembedaharaan kata sehingga siswa mengalami kesulitan untuk membuat gaya cerita yang baik dan berakhir dengan kesulitan dalam menemukan ide. Guru berusaha memberikan rasangan kepada siswa untuk menemukan ide dan mengembangkannya dalam menulis kembali teks biografi.