Deskripsi Kebutuhan Pembelajaran Matematika Diskrit Melalui Kurikulum Merdeka Belajar
Abstract
Kurikulum menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting dalam pendidikan, setiap waktu dievaluasi secara berkala dan disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kajian literatur tentang kebijakan kurikulum merdeka belajar, wawancara, dan angket untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran Matematika Diskrit melalui kurikulum merdeka belajar. Hasil penelitian ini adalah hasil kajian literatur tentang kurikulum merdeka belajar, strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran Matematika Diskrit sesuai dengan kurikulum merdeka belajar, media pembelajaran yang menstimulus pembelajaran matematika diskrit, 84% mahasiswa tertarik jika pembelajaran matematika diskrit melalui kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini disimpulkan bahwa kebutuhan pembelajaran matematika diskrit melalui kurikulum merdeka belajar ini disesuaikan dengan kebutuhan industri atau kebutuhan dunia kerja saat lulus dari masa pendidikan.