PENGARUH TABUNGAN WADIAH DAN PIUTANG MURABAHAH TERHADAP LABA BERSIH PADA PT. BPRS Al-IHSAN PERIODE 2010 - 2017

Authors

  • Dani Rachman Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unibba
  • Aulia Anggraeni Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Unibba

Keywords:

Tabungan Wadiah, Piutang Murabahah, Laba Bersih

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Tabungan Wadiah dan Piutang Murabahah terhadap Laba Bersih pada PT. BPRS Al-Ihsan Periode 2010 - 2017.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen yang kemudian dilakukan uji hipotesis t serta uji hipotesis f yaitu untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya. Adapun populasi penelitian ini yaitu laporan keuangan triwulanan PT. BPRS Al-Ihsan yang publikasikan di www.bi.go.id serta sampel diambil selama 8 tahun yaitu periode 2010-2017 sebanyak 31 triwulan.

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa secara simultan Tabungan Wadiah dan Piutang Murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Laba Bersih, namun secara parsial Tabungan Wadiah tidak berpengaruh signifikan terhadap LabaBersih. Adapun hasil Koefisien Determinasi sebesar 58,6% dan sisanya sebesar 41,4% merupakan variabel lain yang turut mempengaruhi Laba Bersih tetapi tidak diteliti diantaranya deposito, pembiayaan musyarakah, beban operasional dan non operasional, penyisihan piutang ragu-ragu, bagi hasil untuk pemilik dana dan lain sebagainya.

Downloads

Published

2020-02-10

How to Cite

Rachman, D., & Anggraeni, A. (2020). PENGARUH TABUNGAN WADIAH DAN PIUTANG MURABAHAH TERHADAP LABA BERSIH PADA PT. BPRS Al-IHSAN PERIODE 2010 - 2017. AKURAT | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 10(3), 72–88. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/188

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>