PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN VOLUME PENJUALAN TERHADAP LABA PADA PT ADETEX PERIODE TAHUN 2011-2017

Authors

  • Dani Rachman Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bale Bandung
  • Ahmad Basyirudin Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bale Bandung

Keywords:

Biaya Produksi, Volume Penjualan, Laba

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk bisa mengetahui pengaruh biaya produksi dan volume penjualan terhadap laba pada PT Adetex, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, latar belakang penulisan ini karena industri textile di Indonesia mengalami naik turun dengan banyaknya perusahaan yang ada sehingga dapat mempengaruhi persaingan dalam penjualan, serta kegiatan operasional dan harga bahan baku yang tidak stabil menjadi alasan naik turunnya pasar industri tersebut.

 

Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah laporan PT Adetex periode tahun 2011-2017, metode statistik yang digunakan untuk menguji hasil penelitian ini adalah metode analisis linier berganda secara manual dan dengan menggunakan program SPSS versi 17. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya produksi dan laba yang bernilai -3,772, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara  volume penjualan terhadap laba sebesar 4,430 serta terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya produksi dan volume penjualan terhadap laba sebesar 22,331.

Downloads

Published

2020-04-20

How to Cite

Rachman, D., & Basyirudin, A. (2020). PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN VOLUME PENJUALAN TERHADAP LABA PADA PT ADETEX PERIODE TAHUN 2011-2017. AKURAT | Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 11(1), 65–78. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/akurat/article/view/253

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>