PENGARUH LIKUIDITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP RENTABILITAS (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Subsektor Kosmetik Dan Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2021)
Keywords:
Likuiditas, Aktivitas, RentabilitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas dan Aktivitas terhadap Rentabilitas Pada Perusahaan Industri Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Subsektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2021
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel dan pengujian hipotesis. Sampel diambil menggunakan purposive sampling. Adapun sampel diambil dari laporan keuangan selama 10 tahun terakhir pada 4 perusahaan yaitu selama periode 2012 s/d 2021.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar -0.000430 < 0,05. Sedangkan aktivitas berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 24.22213 > 0,05. Adapun hasil koefisien determinasi sebesar 92,6% sedangkan sisanya 7,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini