PENGARUH PERAN DOSEN, BAHAN AJAR, DAN KURIKULUM TERHADAP KEMAMPUAN MENGISI SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN

Authors

  • Andri Waskita Aji Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Adia Adi Prabowo Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muhammad Asraf Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Keywords:

Peran Dosen, Bahan Ajar, Kurikulum, Kemampuan Mengisi SPT

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman yang cukup pesat, saat ini Direktorat Jenderal Pajak tengah menggalakkan program pemutakhiran data terkait pelaporan pajak baik secara online maupun offline. Agar para wajib pajak dapat melaporankan pajak dengan benar, dibutuhkan sebuah kemampuan khusus. Mahasiswa prodi akuntansi sebagai calon generasi pada profesi akuntan diharapkan memiliki kemampuan lebih dalam mengisi form SPT pajak. Hal-hal yang dapat mempengaruhi kemampuan mahasiswa antara lain : peran dosen, bahan ajar, dan sistem kurikulum yang diterapkan.

Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 orang mahasiswa prodi Akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Adapun hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial peran dosen, bahan ajar, dan sistem kurikulum berpengaruh positif terhadap kemampuan mahasiswa dalam mengisi form SPT tahunan.

Downloads

Published

2023-04-28

Most read articles by the same author(s)