UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IX A SMPN 54 BANDUNG
Keywords:
Prestasi Belajar, Media Audio-Visual, Pembelajaran jarak jauhAbstract
Keberhasilan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terlibat dalam semua kegiatan belajar mengajar. Diantara faktor-faktor tersebut adalah siswa, guru terutama dalam proses belajar seperti metoda, saran dan prasarana (media pembelajaran) yang digunakan. Kondisi riil di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran IPS masih dihadapkan pada berbagai permasalahan, terutama masih belum tercapainya ketuntasan belajar siswa pada pelajaran IPS. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media audio visual. Penggunaan media audio visual diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara tuntas. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual di Kelas VII-A SMP Muhammadiyah 2 Kadungora; dan (2) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Audio Visual di Kelas IXA SMPn 54 Bandung.Dalam penulisan ini, metode yang digunakan adalah dengan menggunkaan metode Penelitian Tindakan Kelas. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi tindakan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes prestasi belajar, angket dan observasi. Untuk penyajikan data disajikan dalam bentuk tabel agar lebih mudah dibaca dengan teknik analisa diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pelajaran IPS dapat dicapai setelah dilakukan dua siklus pembelajaran. Pada siklus pertama ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 61,54% dan pada siklus kedua mencapai 89,74% yang menunjukkan pembelajaran telah tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pertama, proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan media audio visual dilakukan dalam dua bentuk media yaitu pada siklus 1 menggunakan power point dan pada siklus 2 menggunakan CD interaktif. Penggunaan media audio visual ini telah memunculkan beberapa perilaku belajar siswa yang lebih baik. Perilaku tersebut berupa aktivitas siswa yang aktif dalam belajar, seperti siswa yang aktif bertanya, mengemukakan pendapat, dan berani tampil di depan. Kedua, hasil kemampuan pemahaman siswa dalam belajar IPS yang diukur dengan hasil jawaban siswa terhadap pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang telah disampaikan dari setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai siswa. Pada siklus I rata-rata siswa mencapai 59,23; pada siklus II mencapai 69,61. Di samping itu dilihat dari ketuntasan belajar siswa juga terjadi peningkatan dari 61,54% pada siklus 1 meningkat jadi 89,74% pada siklus ke 2 yang sekaligus menunjukkan bahwa pembelajaran telah tuntas.