Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif (Think,Pair,Share) Pada Siswa Kelas VIII SMP Yayasan Amal Keluarga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat

Authors

  • Sukanda Permana Universitas Bale Bandung
  • Sylvia Sulistiani Universitas Bale Bandung

Keywords:

Pembelajaran, Kooperatif, Think, Pair, Share, Motivasi

Abstract

Salah satu kegagalan guru dalam mengajar bukan karena guru kurang menguasai materi pelajaran,tetapi ia tidak tahu bagaimana menyampaikan materi pelajaran dengan baik Penelitian di lakukan dengan menggunakan metode kooperatif.Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Yayasan Amal Keluarga Kec. Parongpong Kab.Bandung Barat,yaitu kelas VIII A berjumlah 30 orang untuk kelompok eksperimen dan kelas VIII B untuk kelas control. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pretest dan posttes,kemudian untuk menguji hipotesis  peneliti menggunakan rumus mean ,median,dan modus untuk mencari nilai rata-rata. Hasil penelitian yang menggunakan metode kooperatif tipe think, pair, share.Hasil rata-rata kelas sebelum tes di lakukan 74,73 dan sesudah tes di lakukan mengalami peningkatan menjadi 74,83 kemudian pada kelas control terjadi pula peningkatan prestasi belajar siswa antara pretes dan posstest adalah 69,26 sampai dengan 69,46. artinya prestasi  belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada di kelas control. Bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think, pair, share sangat berperan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian terhadap beberapa rekomendasi di antaranya adalah bagi guru pembelajaran kooperatif tipe think,pair,share dapat di jadikan sebagai salah satu cara dalam menyampaikan materi pelajaran IPS.

Downloads

Published

2019-08-30