PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PENIDA KATAPANG TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Sari Sri Handani UNIBBA
  • Sinta Rosita UNIBBA

Keywords:

Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel pada penelitian ini adalah kondisi social ekonomi orang tua siswa (X) dan prestasi belajar siswa (Y) kelas VIII pada mata pelajaran IPS. Populasi yang diteliti adalah semua siswa kelas VIII SMP Penida Katapang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang valid menggunakan Statistik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi sosisl ekonomi orang tua termasuk dalam kategori rendah (50,8%). Prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Penida Katapang termasuk dalam kategori kurang (34,9%). Ada pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadapa prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Penida Katapang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Sari Sri Handani, & Sinta Rosita. (2020). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP PENIDA KATAPANG TAHUN AJARAN 2019/2020. GEOAREA | Jurnal Geografi, 3(2), 60–69. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/Geoarea/article/view/746