PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMPN 2 SOLOKAN JERUK KAB. BANDUNG

Authors

  • Sari Sri Handani Universitas Bale Bandung
  • Andriyanti Universitas Bale Bandung

Keywords:

Model Cooperative Learning Tipe STAD, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang kurang memuaskan. Hal tersebut terjadi karena siswa kurang aktif dan kurang antusias terhadap kegiatan pembelajaran, serta kurang kondusifnya kelas, diakibatkan dari pembelajaran yang lebih didominasi oleh siswa yang memiliki kemampuan intelektual tinggi saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas serta hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran IPS VII SMPN 2 Solokanjeruk Kab. Bandung.  Model cooperative learning tipe STAD yang menempatkan siswa dalam tim belajar, yang beranggotakan empat sampai lima orang siswa, yang merupakan kelompok belajar campuran atau heterogen. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode Kemis dan Mc. Tagart, yang mengacu pada tindakan guru ketika melaksanakan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pedoman observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, dan lembar evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis dan direfleksi menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di VII SMPN 2 Solokanjeruk Kab. Bandung. Subjek yang menjadi penelitian adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. pembelajaran IPS dengan  menggunakan model cooperative learning tipe STAD, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal ini terlihat dari meningkatnya aktivitas siswa dalam bertanggungjawab dan bekerjasama. Hasil belajar siswa juga semakin meningkat, hal ini dapat dilihat dari  nilai rata-rata LKS siklus I sebesar 71,25, siklus II sebesar 77,08 dan siklus III sebesar 83,33. Nilai rata-rata indivdu : siklus I sebesar 67, siklus II sebesar 75,83 dan siklus III sebesar 84,16. Dengan demikian, maka model cooperative learning tipe STAD dalam pembelajara IPS, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2019-11-30