PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MATERI KETAHANAN PANGAN NASIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI MA SEKOLAH CINTA ILMU

Authors

  • Faisal Ardian Maulana UNIBBA
  • Awan Mutakin UNIBBA
  • R. Rinayanti Laila Nurwulan UNIBBA

Keywords:

metode pembelajaran, peserta didik, prestasi belajar

Abstract

Guru harus membuat peserta didik lebih aktif di kelas sehingga peserta didik bisa lebih leluasa mencari materi sendiri dan mempresentasikan serta menyajikannya di kelas, dan fungsi guru hanya mengarahkan, membimbing, dan menjadi penengah dalam pembelajaran. Masalah yang difokuskan adalah bagaimana penerapan metode Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, apakah metode ini cocok digunakan dalam pembelajaran geografi, juga apakah metode ini sangat memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Tujuannya pula ingin mengetahui bagaimana keberhasilan metode Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, ingin mengetahui apakah metode ini cocok digunakan dalam pembelajaran geografi, serta ingin tahu pula apakah metode ini bisa mempermudah tugas guru dalam menyampaikan materi kepada para peserta didik.Penulis atau peneliti menggunakan metode eksperimen serta hasil data berupa metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas XI IPS MA Sekolah Cinta Ilmu yang berjumlah 11 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes. Tipe tes yang digunakan berupa tes tulis pilihan ganda, dan juga diberikan kuisioner untuk mengetahui respon peserta didik mengenai metode pembelajaran Cooperative Script. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS MA Sekolah Cinta Ilmu. Begitupun metode ini dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, serta cocok digunakan dalam pembelajaran geografi.

Downloads

Published

2020-05-30