POLA ADAPTASI MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BANJIR MUSIMAN DI DESA ANDIR KECAMATAN BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Ai Sara Nurhasanah UNIBBA
  • Ikeu Rasmilah UNIBBA
  • Siti Hapsah UNIBBA

Keywords:

pola adaptasi, masyarakat, banjir

Abstract

Pola adaptasi masyarakat merupakan pola – pola yang terbentuk dalam menyesuaikan diri pada masyarakat untuk bertahan menghadapi banjir musiman yang terjadi setiap tahun di Desa Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Banjir yang setiap tahun terjadi di Desa Andir menyebabkan banyak perubahan besar pada kehidupan masyarakat yang masih bertahan tinggal di kawasan tersebut. Melihat kondisi tersebut, mendorong masyarakat organisasi setempat dan pemerintah membuat pola adaptasi dalam menghadaoi banjir yang sering terjadi di kawasan tersebut. Oleh karena itu peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian dengan judul “Pola Adaptasi Masyarakat dalam Menghadapai Banjir Musiman di Desa Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung”

Dengan berlandaskan teori tentang banjir, pola adaptasi dan karakteristik masyarakat. Maka dilakukan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Pelaksanaan metode ini, dilakukan melalui tahapan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian yaitu masyarakat Desa Andir melakukan pola adaptasi dalam menghadapi banjir, pola adaptasi yang dilakukan masyarakat antara lain sebelum banjir, ketika banjir dan setelah banjir.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Ai Sara Nurhasanah, Ikeu Rasmilah, & Siti Hapsah. (2019). POLA ADAPTASI MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BANJIR MUSIMAN DI DESA ANDIR KECAMATAN BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG. GEOAREA | Jurnal Geografi, 2(2), 18–28. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/Geoarea/article/view/617