EFEKTIVITAS BANK SAMPAH BERSINAR DALAM KEPEDULIAN PENGELOLAAN SAMPAH DAN PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT

(Studi Kasus Bank Sampah Di Kelurahan Baleendah kecamatan Baleendah)

Authors

  • Rina Kusumawati UNIBBA
  • Saeful Gunawan UNIBBA
  • Julimawati UNIBBA

Keywords:

sampah, bank sampah, ekonomi

Abstract

Pengelolaan sampah melelui bank sampah merupakan salah satu bentuk dari partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah mulai dari sumbernya. Sampah yang selama ini dianggap sisa konsumsi yang harus dibuang, saat ini justru dikumpulkan dan ditabung karena memiliki nilai ekonomis. Bank Sampah Bersinar yang berada di kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah merupakan Bank Sampah yang masih aktif di Kabupaten Bandung. Kehadiran Bank Sampah Bersinar ini memberikan pengaruh pada perubahan pola penanganan sampah dari proses konvensional (kumpul-angkut-buang) menjadi pola manajemen modern melalui tabungan sampah. Sampah menjadi sumber pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Penelitian ini menggunakan rumusan masalah sebagai berikut : bagaimana efektivitas pengelolaan sampah melalui bank sampah bersinar? Bagaimana peran bank sampah bersinar dalam upaya meningkatkan kepedulian pengelolaan sampah dan peningkatan ekonomi masayarakat?

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Pelaksanaan metode ini dilakukan melalui tahapan pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini penentuan sampel wilayah dilakukan secara tidak acak (non probability sampling) dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun hasil dari penelitian yaitu Bank Sampah bersinar sudah efektif dalam pengelolaan sampah.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Rina Kusumawati, Gunawan, S., & Julimawati. (2019). EFEKTIVITAS BANK SAMPAH BERSINAR DALAM KEPEDULIAN PENGELOLAAN SAMPAH DAN PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT: (Studi Kasus Bank Sampah Di Kelurahan Baleendah kecamatan Baleendah). GEOAREA | Jurnal Geografi, 2(2), 1–11. Retrieved from https://ejournal.unibba.ac.id/index.php/Geoarea/article/view/614