PENDIDIKAN GURU BERBASIS NILAI DENGAN MENGKAJI PENYELENGGARAAN GURU DI NEGARA LAIN DALAM MEWUJUDKAN VISI KURIKULUM INDONESIA YANG MENCERDASKAN 2030

Authors

  • Asep Yanyan Setiawan, S.Pd., M.Pd. Prodi Pendidikan Geografi FKIP UNIBBA

Keywords:

Pendidikan, Nilai, Guru

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mendapatkan pengetahuan, baik secara formal melalui sekolah maupun secara informal dari pendidikan di dalam keluarga dan masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan. Arus globalisasi yang sangat deras kini semakin terasa dan berdampak pada berbagai aspek bidang dalam kehidupan kita, sehingga pola-pola lama dalam pendidikan perlu dibenahi dan direvitaslisasi. Revitalisasi pendidikan di Indonesia memberikan kesempatan kita untuk mencari alternatif lain, terutama dalam metode tanpa mengesampingkan nilai-nilai pendidikan yang tersirat di dalamnya. Gerakan alternatif pendidikan yang bisa dimungkinkan dapat membawa perbaikan pendidikan kita dengan ‘menengok’ pendidikan dari ‘luar’. Bahwa di luar sana keadaan sudah berbeda, kini banyak Negara-negara maju yang justru mengutamakan pendidikan nilai disamping pengetahuan dan keterampilan semata sebagai capaiannya. Kejelasan visi, misi, strategi, konsep dan program pendidikan yang diselenggarakan memerlukan komitmen dari semua pihak diharapkan bisa memperbaiki sistem pendidikan kita, terutama komitmen guru sebagai eksplorator, kreator, dan transformer dalam pendidikan. Salah-satu konsep ‘merdeka belajar’ yang diusung oleh Menteri Pendidikan sekarang tidak boleh lepas dari pendidikan nilai-nilai yang dimiliki bangsa Indonesia. Jadi yang harus disiapkan adalah menciptakan guru yang dapat mendidik sesuai perkembangan zaman dan generasi namun tetap mengutamakan nilai-nilai kehidupan yang dimiliki bangsa ini sebagai landasan pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2019-05-30